Keripik Singkong Khas Padang

Tanggal : Kamis, 16 Juni 2016

Keripik Singkong Khas Padang
Sudah banyak yang tahu kan apa itu karupuak sanjay , nah disini saya akan menjelaskan atau memaparkan dengan detail  makanan khas padang ini. 

Keripik singkong adalah makanan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Keripik singkong jenis camilan ringan yang banyak disukai masyarakat baik anak kecil hingga orang tua. Kerenyahan serta gurihnya rasa keripik singkong membuat camilan ini tak pernah terlupakan dari jaman dahulu hingga masa kini. Pada umumnya rasa keripik singkong memiliki cita rasa yang gurih dengan aroma khas. 

Banyak ciri makanan khas padang, tetapi dipadang lebih terkenal dengan makanan karupuak sanjay. Nah penganan karupuak sanjay ini sebenarnya berwujud keripik yang berbahan baku singkong. Nah Karupuak sanjai secara umum ini terbagi menjadi tiga jenis, tawar tanpa bumbu berwarna putih, asin berwarna kuning, dan berbumbu pedas atau yang populer disebut dengan keripik balado. Di antara ketiga jenis keripik singkong ini, keripik singkong balado adalah jenis yang paling populer dan dianggap paling khas karena rasanya yang pedas manis. Karenanya, terkadang orang salah kaprah dan menganggap keripik sanjai adalah keripik jenis balado.
Penyebutan istilah “keripik balado” mungkin bisa menjadi alasan pertama mengapa daerah asal keripik balado tersamarkan. Istilah “keripik balado” lebih umum digunakan untuk menunjukkan produk olahan ubi tersebut, apalagi di pasar nasional yang sebagian besar keluar melalui bandara di Kota Padang, ibukota Sumbar. Keripik atau kerupuk merupakan kosa kata Bahasa Indonesia yang tepat menggantikan karupuak, dalam bahasa aslinya Minangkabau. Namun, ada penyebutan yang berbeda di Kota Bukittinggi terhadap produk yang sama, yaitu karupuak sanjai. Sanjai merupakan nama sebuah kampung tempat asal mula karupuak sanjai.  

Nah sebutan Sanjai ini berasal dari nama sebuah jalan atau daerah di bagian utara Kota Bukittinggi. Jalan Sanjai ini terletak di Desa Manggis, Kelurahan Manggis Gantiang Sanjai, Kota Bukittinggi.  Kesuksesan usaha dari keripik singkong ini menginspirasi warga di kawasan Jalan Sanjai untuk ikut  memproduksi keripik Singkong. Karenanya, keripik singkong asal daerah ini di kemudian hari terkenal dengan sebutan karupuak sanjai. 

Ibu Ermiyanti, pemilik usaha keripik singkong, menyebutkan dalam sekali produksi dapat mengolah sekitar 30 sampai 50 kg.  Pembuatan keripik singkong ini sebenarnya terbilang sederhana. Keripik berwarna kuning yang bercitarasa dibuat dengan merendam potongan keripik singkong  garam sebelum digoreng agar rasa setelah digoreng itu nikmat.
Rata-rata penikmat keripik pedas ini adalah kalangan anak muda atau remaja. Camilan ringan ini menjadi salah satu camilan yang tak pernah lupa dinimmati saat santai, berkumpul, berekreasi dan lainnya. 



Nah dibawah ini bebetapa hal  yang penting yang perlu diketahui atau perisapan sebelum bisnis Ibu Ermiyanti di mulai, yaitu
1.      Persiapan perlengkapan atau peralatan yang akan diperlukan dalam memudahkan proses pembuatan keripik singkong. Contohnya seperti mesin perajang singkong.
2.      Tingkatan keterampilan dalam pengolahan keripik singkong dengan benar dan tepat. Sebisa mungkin buat rasa keripik singkong memiliki ciri khas tertentu.
Nah untuk mengawali pembuatan ini pertama – tama anda harus melakukan menyiapkan singkong dengan kualitas bagus. Kemudian singkong harus dikupas dahulu. Setelah itu berlanjut tahapan perajang singkong. Jika hanya menggunakna cara manual, tentu kurang efisien dan membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Setelah dirajang kemudian irisan singkong direndam dengan pemberian garam dan waktu perendaman 1 hingga 3 jam untuk menghasilkan kualitas keripik singkong yang baik dengan tekstur renyah dan gurih.

Setelah melewati tahap  perendaman, ekmudian keripik singkong ditiriskan sementara lalu digoreng. Untuk menghasiljan keripik dengan tekstur yang bagus perlu menggunakan minyak goreng yang panas dengan api yang sedang. Penggunaan minyak goreng juga harus banyak agar irisan singkong dapat terendan ke dalam minyak penggorengan sehingga tingkat ekmatangannya akan lebih baik. Bila warna telah berubah kekuiningan, keripik singkong menandakan telah matang dan bisa diangkat.
Setelah singkong kering dan sudah ditiriskan anda bisa memberikan langsung bumbu pada keripik singkong misalnya campuran cabai yang telah digoreng dan sebagai perasa lebih nikmat ditambahkan bumbu royco, udang dan daun kunyit agar lebih wangi. Setelah tahap ini singkong bisa langsung dikemas menggunakan plastik yang baik serta menggunakan mesin pengemas agar kemasan tampil nagus serta lebih menarik.